Adalahteknik
optimalisasi yang dilakukan pada Konten serta halaman website. Search Engine
Optimization, sering kali disingkat SEO optimization atau hanya disebut S-E-O saja
dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai optimasi mesin pencarian. Tujuan dari
pada optimasi ini sendiri adalah untuk mengoptimalkan Website Usaha untuk
Bisnis anda ataupun Web articles di blog anda sehingga mudah diindex oleh
search engine dan nantinya mempunyai kualitas SERP atau Search Engine Result
Page lebih bagus.
SEO
Optimization merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mendatangkan
traffic atau pengunjung ke dalam website melalui search engine sehingga anda mendapatkan
limpahan pengunjung dari mesin pencari secara gratis, dimana berdasarkan riset
dari banyak “top internet marketer” dikatakan bahwa seorang pengunjung
kemungkinan besar hanya akan mengunjungi website anda bila kata kunci yang
dicarinya berada di Top 10. Cobalah anda bayangkan, bilamana anda sedang
mencari sesuatu informasi maka apakah anda mencari sampai kehalaman 2, 3, 4 dan
seterusnya? Jawabnya tentunya sebagian besar hanya sampai top 10 saja atau
hanya sampai diurutan paling bawah halaman satu saja kan?
2. Tujuan
dasar SEO
Adalah
menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada
halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis,
alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang
lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.
Pengertian SEO atau Optimasi Mesin Pencari adalah langkah-langkah atau
proses yang dilakukan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik (lalu
lintas) kunjungan melalui mesin pencari (search engine) menuju situs web
tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari
tersebut.
Jadi, tujuan dari SEO
adalah untuk menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas atau halaman
depan pada hasil pencarian berdasarkan kata kunci (keyword) yang
ditargetkan atau yang dicari. Apabila sebuah situs web memiliki posisi teratas
atau halaman depan pada hasil pencarian oleh mesin pencari (search engine)
seperti Google, otomatis situs web tersebut akan memiliki peluang yang lebih
besar untuk mendapatkan trafik pengunjung yang tinggi dan berkualitas.
Mesin pencari atau search engine memiliki algoritma
tersendiri untuk dapat mengindex suatu situs web untuk masuk di halaman depan
atau puncak teratas dari hasil pencarian oleh search engine. Sehingga,
mau tidak mau pemilik situs web harus menerapkan dan menguatkan langkah SEO untuk situs web-nya agar situs
tersebut memiliki banyak pengunjung dan juga memiliki banyak keuntungan seperti
makin banyaknya pembeli yang membeli barang-barang dari situs web atau blog
tersebut.
Masih belum mengerti? Jadi begini, misalnya kita ingin
mencari sebuah website restoran dengan target/kata kunci "restoran murah
di Bali" dengan media Internet. Tetapi, kita tidak mengetahui alamat situs
web terbaik dengan target "restoran murah di Bali" tersebut. Lalu,
kita menggunakan layanan mesin pencari untuk mencari/menelusuri restoran
yang memiliki kriteria paling baik dan dimulai dari yang terbaik untuk
ditampilkan di halaman depan/teratas hasil pencarian. Ketika hasil penelusuran
mesin pencari muncul, tentu kita akan memilih situs web restoran yang memiliki
peringkat teratas dalam hasil penelusuran tersebut. Nah, jadi para pemilik
situs web harus memutar otak agar situs web mereka dapat terindex dan mendapat
posisi terdepan pada halaman hasil pencarian mesin pencari.
Secara umum, terdapat 2 (dua) macam SEO, yaitu:
· White Hat SEO
White Hat SEO adalah langkah-langkah atau proses SEO atau Optimasi
Mesin Pencari yang dilakukan oleh pemilik sebuah situs web atau blog dengan
jalur putih atau LEGAL. Cara ini sangat disukai oleh mesin pencari karena
website atau blog ini sesuai dengan aturan atau ToS (Term of Service)
yang dimiliki oleh mesin pencari (terutama Google).
·
Black Hat SEO
Black Hat SEO adalah kebalikan dari White Hat SEO. Black Hat
SEO merupakan langkah-langkah atau proses SEO atau Optimasi Mesin Pencari
dengan jalur hitam atau ILLEGAL. Cara ini sangat dibenci oleh mesin pencari
seperti Google karena cara ini melanggar aturan atau ToS yang dimilikinya.
Apabila cara ini digunakan oleh blog seperti Blogspot, maka akun blog tersebut
bisa diblokir atau di-banned oleh pihak Google karena melanggar aturan
main mereka.
Adapun Gray Hat SEO
merupakan pencampuran antara White Hat SEO dengan Black Hat SEO. Meskipun
sebuah situs blog pada Blogspot yang menerapkan cara ini, tetap saja akan di-banned
oleh pihak Google karena terdapat aturan yang dilanggar, meskipun tidak
semuanya.
Intinya adalah, Pengertian SEO adalah cara-cara yang
dilakukan agar suatu situs web atau blog agar terindex dan muncul di halaman
depan atau puncak dari hasil penelusuran mesin pencari.
3.
Strategi pemasaran internasional
Bisnis
dan layanan SEO berkembang pesat seiring dengan pertumbuhan web, yang
menyebabkan sebuah situs harus berusaha lebih keras agar alamatnya lebih mudah
ditemukan pengunjung di antara jutaan alamat situs lain dari seluruh dunia yang
menjadi kompetitornya. Mesin pencari merupakan pintu masuk utama, karena
pengguna internet tidak lagi sanggup menghafalkan jutaan situs web, dan sebagai
gantinya mereka mengandalkan hasil pencarian dari Google, Yahoo!, Bing, dan
mesin pencari lain.
Berada
pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian untuk
subyek tertentu memberikan keuntungan ganda bagi perusahaan pemasaran via
internet:
· Peluang calon pelanggan mengunjungi
situs web mereka menjadi lebih besar. Hal tersebut dapat berlanjut pada
meningkatnya tingkat konversi dari pengunjung biasa menjadi pembeli.
· Berada pada peringkat pertama hasil
pencarian memberikan citra dan reputasi yang baik bagi sebuah situs di mata
pengunjung.
0 comments:
Post a Comment