Pages

Monday 27 May 2013

Search Engine Optimization



Adalahteknik optimalisasi yang dilakukan pada Konten serta halaman website. Search Engine Optimization, sering kali disingkat SEO optimization atau hanya disebut S-E-O saja dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai optimasi mesin pencarian. Tujuan dari pada optimasi ini sendiri adalah untuk mengoptimalkan Website Usaha untuk Bisnis anda ataupun Web articles di blog anda sehingga mudah diindex oleh search engine dan nantinya mempunyai kualitas SERP atau Search Engine Result Page lebih bagus.
SEO Optimization merupakan salah satu cara yang digunakan untuk mendatangkan traffic atau pengunjung ke dalam website melalui search engine sehingga anda mendapatkan limpahan pengunjung dari mesin pencari secara gratis, dimana berdasarkan riset dari banyak “top internet marketer” dikatakan bahwa seorang pengunjung kemungkinan besar hanya akan mengunjungi website anda bila kata kunci yang dicarinya berada di Top 10. Cobalah anda bayangkan, bilamana anda sedang mencari sesuatu informasi maka apakah anda mencari sampai kehalaman 2, 3, 4 dan seterusnya? Jawabnya tentunya sebagian besar hanya sampai top 10 saja atau hanya sampai diurutan paling bawah halaman satu saja kan?

2. Tujuan dasar SEO

Adalah menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu. Secara logis, alamat situs yang menempati posisi teratas hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung.

Pengertian SEO atau Optimasi Mesin Pencari adalah langkah-langkah atau proses yang dilakukan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik (lalu lintas) kunjungan melalui mesin pencari (search engine) menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut.

Jadi, tujuan dari SEO adalah untuk menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas atau halaman depan pada hasil pencarian berdasarkan kata kunci (keyword) yang ditargetkan atau yang dicari. Apabila sebuah situs web memiliki posisi teratas atau halaman depan pada hasil pencarian oleh mesin pencari (search engine) seperti Google, otomatis situs web tersebut akan memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan trafik pengunjung yang tinggi dan berkualitas.

Mesin pencari atau search engine memiliki algoritma tersendiri untuk dapat mengindex suatu situs web untuk masuk di halaman depan atau puncak teratas dari hasil pencarian oleh search engine. Sehingga, mau tidak mau pemilik situs web harus menerapkan dan menguatkan langkah SEO untuk situs web-nya agar situs tersebut memiliki banyak pengunjung dan juga memiliki banyak keuntungan seperti makin banyaknya pembeli yang membeli barang-barang dari situs web atau blog tersebut.

Masih belum mengerti? Jadi begini, misalnya kita ingin mencari sebuah website restoran dengan target/kata kunci "restoran murah di Bali" dengan media Internet. Tetapi, kita tidak mengetahui alamat situs web terbaik dengan target "restoran murah di Bali" tersebut. Lalu, kita menggunakan layanan mesin pencari untuk mencari/menelusuri  restoran yang memiliki kriteria paling baik dan dimulai dari yang terbaik untuk ditampilkan di halaman depan/teratas hasil pencarian. Ketika hasil penelusuran mesin pencari muncul, tentu kita akan memilih situs web restoran yang memiliki peringkat teratas dalam hasil penelusuran tersebut. Nah, jadi para pemilik situs web harus memutar otak agar situs web mereka dapat terindex dan mendapat posisi terdepan pada halaman hasil pencarian mesin pencari.

Secara umum, terdapat 2 (dua) macam SEO, yaitu:


·         White Hat SEO
White Hat SEO adalah langkah-langkah atau proses SEO atau Optimasi Mesin Pencari yang dilakukan oleh pemilik sebuah situs web atau blog dengan jalur putih atau LEGAL. Cara ini sangat disukai oleh mesin pencari karena website atau blog ini sesuai dengan aturan atau  ToS (Term of Service) yang dimiliki oleh mesin pencari (terutama Google).

·         Black Hat SEO
Black Hat SEO adalah kebalikan dari White Hat SEO. Black Hat SEO merupakan langkah-langkah atau proses SEO atau Optimasi Mesin Pencari dengan jalur hitam atau ILLEGAL. Cara ini sangat dibenci oleh mesin pencari seperti Google karena cara ini melanggar aturan atau ToS yang dimilikinya. Apabila cara ini digunakan oleh blog seperti Blogspot, maka akun blog tersebut bisa diblokir atau di-banned oleh pihak Google karena melanggar aturan main mereka.
Adapun Gray Hat SEO merupakan pencampuran antara White Hat SEO dengan Black Hat SEO. Meskipun sebuah situs blog pada Blogspot yang menerapkan cara ini, tetap saja akan di-banned oleh pihak Google karena terdapat aturan yang dilanggar, meskipun tidak semuanya.


Intinya adalah, Pengertian SEO adalah cara-cara yang dilakukan agar suatu situs web atau blog agar terindex dan muncul di halaman depan atau puncak dari hasil penelusuran mesin pencari.


3. Strategi pemasaran internasional

Bisnis dan layanan SEO berkembang pesat seiring dengan pertumbuhan web, yang menyebabkan sebuah situs harus berusaha lebih keras agar alamatnya lebih mudah ditemukan pengunjung di antara jutaan alamat situs lain dari seluruh dunia yang menjadi kompetitornya. Mesin pencari merupakan pintu masuk utama, karena pengguna internet tidak lagi sanggup menghafalkan jutaan situs web, dan sebagai gantinya mereka mengandalkan hasil pencarian dari Google, Yahoo!, Bing, dan mesin pencari lain.
Berada pada posisi teratas atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian untuk subyek tertentu memberikan keuntungan ganda bagi perusahaan pemasaran via internet:
·         Peluang calon pelanggan mengunjungi situs web mereka menjadi lebih besar. Hal tersebut dapat berlanjut pada meningkatnya tingkat konversi dari pengunjung biasa menjadi pembeli.
·         Berada pada peringkat pertama hasil pencarian memberikan citra dan reputasi yang baik bagi sebuah situs di mata pengunjung.


0 comments:

Post a Comment